Tanya Saya Apa Saja !

Banyak Jawaban sangat lucu dari pertanyaan yang sering Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Sekarang Anda mempunyai jawabannya, disini Anda menemukan Jawaban dari pertanyaan yang Aneh.

 RSS Feed         Email Subscription                                  
Sabtu, Januari 03, 2009

Apakah asap mempunyai massa?

Setahu saya, semua benda yang melayang atau melintas di permukaan bumi dan mempunyai massa akan jatuh ke bumi karena gaya gravitasi bumi. Tapi mengapa asap tidak mematuhi hukum ini? Lalu mengapa api yang berkobar-kobar lebih sedikit menghasilkan asap?


Kalau kita letakkan bola pingpong di dasar tabung berisi kelereng, lalu tabung kita goyang-goyang, ternyata bola pingpong naik ke atas. Hal ini disebabkan karena massa jenis bola pingpong lebih kecil daripada massa jenis kelereng.

Hal yang sama akan terjadi jika kita masukkan air ke dalam minyak dimana minyak akan naik ke atas. Asap (yang merupakan campuran gas hidrogen, oksigen, dan karbon) mempunyai massa jenis lebih kecil dari massa jenis udara sekitarnya. Itu sebabnya asap naik ke atas. Pada peristiwa ini ada gaya ke atas dari udara pada asap yang mampu mengalahkan gaya gravitasi.

Banyak sedikit asap tergantung pada banyaknya gas yang dimiliki oleh benda yang dibakar. Semakin banyak gas yang dimiliki, semakin besar asapnya. Ketika terjadi pembakaran besar-besaran, sebagain gas oksigen yang keluar dari kayu terbakar dan menghasilkan api.

Itulah penyebab sedikitnya jumlah asap yang dihasilkan.

Label: ,

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home